Samudera Indonesia merupakan perusahaan induk atas kelompok usaha pelayaran dan logistik yang besar dan terdiversifikasi. Dibentuk pada tahun 1964 dari hasil penggabungan LSTA, INSTEL, SHVL dan beberapa Kelompok Usaha Soedarpo (NBU) lainnya, bisnis Samudera Indonesia berkembang dari dua buah kapal, menjadi kelompok usaha yang sangat besar mencakup pelayaran, logistik, keagenan, pengelolaan kapal, serta transportasi darat yang menjangkau ke berbagai penjuru dunia dengan kantor utama di Jakarta dan Singapura, serta kantor-kantor perwakilan di lebih 55 lokasi internasional dan 60 lokasi domestik.
Kini Samudera Indonesia memiliki dan mengoperasikan lebih dari 50 kapal mempekerjakan lebih dari 5,500 personil dan bergerak dibidang jasa pelayaran dan logistik yang terpadu. Selain itu, sebagai penyedia jasa transportasi barang dan penanganan logistik secara terpadu. Samudera Indonesia mengoperasikan enam lini bisnis yaitu Samudera Shipping, Samudera Ports, Samudera Logistics, Samudera Agencies, Samudera Services, Samudera Property, dan Samudera Shipyard.
Pada tahun 2016, Samudera Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke 52, dan mensyukuri perjalanannya sebagai salah satu pionir dalam industri pelayaran Indonesia.
Samudera Indonesia sebagai perusahaan penyedia jasa layanan transportasi kargo dan logistik terintegrasi pada 6 lini bisnis usaha sebagai berikut:
Sejak awal berkecimpung dalam bisnis transportasi dan logistik, bisnis utama Perseroan adalah di bidang pelayaran dan bisnis terkait. Layanan mencakup Container Shipping, Bulk Carrier & Tanker, Offshore Support, dan Ship Management. Dalam kurun waktu beberapa dekade, lini bisnis ini terus berkembang dan saat ini memiliki berbagai pelabuhan tujuan yang tersebar di seluruh Indonesia untuk layanan pengangkutan antar pulau dan secara global termasuk pelabuhan-pelabuhan besar di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Timur jauh. Jasa angkutan laut masih menjadi kontributor utama pendapatan bagi Perseroan.
Bisnis Logistik mulai dijalankan sejak tahun 1964 melalui PT Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) Satuan Harapan, diikuti pendirian sejumlah anak perusahaan di bidang logistik untuk menjawab kebutuhan layanan logistik yang beragam termasuk usaha Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) dan freight forwarding. Samudera Logistics memberikan layanan pengiriman barang terintegrasi dalam berbagai jenis, ukuran dan moda transportasi dari titik awal hingga titik akhir. Untuk menopang layanan terintegrasi tersebut, Perseroan juga mengembangkan sejumlah fasilitas dan sarana pendukung usaha logistik. Variasi layanan yang disediakan dalam lini bisnis logistics Perseroan adalah Depo Peti Kemas, Jasa Logistik Terintegrasi, Transportasi Darat, Pergudangan dan Pusat Distribusi serta Project Logistics.
Pada tahun 1986 mengawali usaha di bidang jasa bongkar muat di berbagai pelabuhan di Indonesia. Kemudian, tahun 2003 Lini Bisnis ini berkembang menjadi pengelola terminal di pelabuhan, dengan layanan jasa meliputi:
Dibuat untuk memperkuat dan membantu unit bisnis di Samudera Indonesia dalam penyediaan/pemenuhan jasa layanan pendukung operasional perusahaan. Dengan layanan ini, unit bisnis dapat fokus dalam pengembangan dan operasional bisnis inti masing-masing.
Memulai usahanya dari bisnis kepemilikan dan pengelolaan aset. Seiring dengan pertumbuhan Perseroan, lini bisnis ini mengembangkan kegiatan usahanya mencakup pengelolaan dan pemeliharaan aset properti strategis, pengawasan konstruksi, pembangunan aset properti, dan pengembangan berbagai peluang di bidang konstruksi.
Jasa galangan kapal mulai digeluti Perseroan sejak tahun 1976 dan hingga saat ini telah mencakup bidang usaha perbaikan, pemeliharaan dan pembangunan kapal, serta fabrikasi komponen & alat-alat industri. Seiring dengan pertumbuhan industri pelayaran di Indonesia, Perseroan terus meningkatkan kapasitasnya untuk memenuhi kebutuhan akan galangan kapal.